Advertisement

iklan banner

Laporan Produktif TKJ Bongkar Pasang CPU

Sebelum saya membingkar pasang CPU, saya main Angry Birds Seasons dulu, sembaring nungguin Pak Alit. saking serunya dan ketagihan saya pun teringat dengan Pak Alit yang tidak kunjung ada di Lab TKJ .

ternyata pak alit lgy masuk angin yowis saya lanjut ajjh main Angry Birds Seasons nya hehehe :D
lagi seru main ehh Pak Alit dateng ..
cerita sedikit sma gejala penyakit yg ia derita pak Alit pun mengajak saya dan teman-teman ke Bengkel TKJ yowis kita mulai saja BONGKAR PASANG CPU nya ^_^


Langkah pertama :

- Buka Cassing atau body dari CPU nya .
dan akan terlihat Componen dalam CPU nya seperti gambar Di bawah Ini :





Langkah Kedua :

-Mencabut semua slot yg ada di dalam Komponen CPU,
kali ini Gambarnya gk ada, Lupa di FOTO

Langkah Ketiga :

-Melepaskan Hard Diks dari dalam CPU
dan mencabut slot yg ada pada Hard Disk
Fungsi Dari Hard Disk :
Sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.
Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC.


Langkah Keempat

-Melepaskan CD Room dan mencabut slot yg ada
Slot CD Room
  
 Langkah Kelima :

-Melepaskan Power Supply dari dalam CPU dan mencabut slot yg ada ..
Fungsi dari Power Supply :  
Mengubah aliran listrik arus bolak-balik (AC) yang tersedia dari aliran listrik (di Indonesia, PLN). Menjadi arus listrik searah (DC) yang dibutuhkan oleh komponen pada PC. Power supply termasuk dari bagian power conversion
Langkah Keenam :

-Melepaskan Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk dari dalam CPU

Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer, ini dikarenakan sebagai tempat bergantungnya semua komponen dalam komputer. Komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti mikroprosesor, coprosesor (opsional), chipset, memori, Basic Input Output System (BIOS), Expansion Slots (untuk hard disk, CD, ROM, Video Card, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang terkoneksi di dalamnya.
Komponen-komponen tambahan dapat dipasang pada expansion slots. Antar muka elektronik di antara motherboard dengan papan-papan yang kecil atau kartu terpasang dalam Expansion slot disebut bus. Chipset merupakan chip yang berfungsi sebagai perantara komunikasi antarbagian komponen seperti CPU, bus, memori, dan sebagainya. Setiap jenis motherboard memiliki chipset sendiri-sendiri yang merupakan ciri khas dari motherboard itu sendiri.
-Jenis Komponen Yang Ada Di Dalam CPU
-RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi

-Kabel ATA

ATA (Advanced Technology Attachment) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda.
Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA seperti 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya. Kabel data SATA mempunyai panjang maksimal 1 meter (39.37 inci) lebih panjang dari ATA yang hanya 18 inci.

-Kabel SATA
SATA dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec.
Keuntungan lainya dari SATA adalah SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer.
Sedangkan dalam harga, drive SATA lebih mahal sedikit di bandingkan drive ATA , kesimpulanya SATA lebih memiliki keuntungan dibandingkan ATA dalam connector, tenaga, dan yang paling penting performanya. Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.
IDE (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. IDE interface di buat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus. Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive. Walaupun IDE merupakan teknologi yang umum, kebanyakan orang menggunakan istilah IDE untuk merujuk pada spesifikasi ATA. Sedangkan AHCI (Advance Host Controller Interface) merupakan mekanisme hardware yang membolehkan software untuk berkomunikasi dengan SATA seperti host bus adapter yang didesain untuk hot-plugin dan native command queuing(NCQ) yang dapat menaikan kemampuan komputer/sistem/ hard disk terutama dalam lingkungan multi tasking dengan cara membolehkan drive untuk menjalankan perintah baca tulis yang dikirim secara acak dengan tujuan untuk optimalisasi perpindahan head pada proses pembacaan. AHCI telah di dukung oleh berbagai sistem operasi seperti Windows Vista dan Linux kernel 2.6.19.


-Kabel Power Supply

Secara fisik jenis power supply terdiri atas 2 bagian, yaitu:
  • Power Supply AT → Konektor yang terdiri dari 12 pin
  • Power Supply ATX → Konektor yang terdiri dari 20 pin
Perbedaan diantara ke- 2 jenis power supply ini adalah power supply ATX status on dan offnya diatur oleh melalui motherboard serta oleh operating system.Dimana apabila operating system pada PC di shut downmaka power supply secara otomatis akan non aktif ( off ).Sedangkan PC yang menggunakan power supply AT status on atau offnya diatur melalui saklar yang pada salah satu kabel pada power supply tersebut.Dan apabila operating system dishut down maka power supply tidak akan off secara otomatis.

Warna Kabel Pada Power Supply

Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer. Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :
• Motherboard
• Harddisk
• Floppy Disk Drive

• CD – ROM

Langkah Selanjutnya :

Jika sudah Terbongkar semua ..
saatnya Memasang Komponen-komponen yg sudah di bongkar tadi
dan siap di uji coba :D